5 tips menikmati rutinitas tanpa bosan   Leave a comment

1. Jadwalkan waktu pribadi pada agenda kerja Anda,
selipkan paling tidak satu jam untuk kegiatan diri sendiri
Jangan sekali-kali menggesernya untuk kegiatan kantor. Misalnya jadwal makan siang, ngobrol dengan teman, atau sekedar refreshing di lingkungan kantor. Ingat loh, tingkat kepentingannya sama dengan pekerjaan kantor.
2. Sediakan jeda waktu sejenak Bila jadwal kerja setiap harinya selalu penuh, paksakan untuk jeda sejenak.
Setiap satu jam sekali cobalah untuk keluar ruangan sebentar selama beberapa menit. Edarkan pandangan Anda di luar ruangan dan tariklah nafas dalam-dalam. Bayangkanlah hal-hal yang menyenangkan bagi Anda. Dengan mencuri waktu beberapa saat seperti ini, bisa menghilangkan rasa suntuk hingga pikiran Anda kembali cerah.
3. Ciptakan ruang khusus bagi diri sendiri Bila di kantor Anda menempati ruangan tersendiri
Berikan sentuhan yang membuat Anda merasa lebih nyaman di dalamnya. Misalnya Anda bisa memajang foto-foto keluarga, kekasih, atau sahabat Anda di dinding ruangan. Atau letakkan jambangan bunga yang indah di pojok ruangan. Dan aturlah perabotan dan peralatan kerja agar tampak menyenangkan dipandang.
Apabila Anda tidak menempati ruang khusus, ciptakanlah pojok khusus di atas meja kerja Anda. Hiaslah pojok tersebut dengan perabot kesayangan Anda. Misalnya porselen-porselen mungil nan cantik atau boneka-boneka kecil nan lucu. Bisa juga Anda letakkan toples aquarium kecil dengan seekor ikan hias di dalamnya. Nah saat Anda lelah, alihkan pandangan Anda pada benda-benda tersebut. Hingga, walau suntuk Anda bisa sedikit terhibur.
4. Pulang kantor tepat waktu tidak perlu lembur kalau nggak penting-penting amat.
Jangan biarkan diri. Anda diperbudak oleh pekerjaan, sementara pikiran Anda terkekang. Jika sudah tiba waktu pulang, beranjaklah segera dari meja kerja Anda. Temukan hal-hal yang menyenangkan di luar kantor. Anda bisa pulang bersama sahabat atau mampir ke mal sebentar. Kegiatan ini bisa menyegarkan kembali pikiran Anda setelah seharian berkutat dengan pekerjaan.
5. Sediakan waktu khusus setiap akhir minggu Jangan lupa, sediakan waktu khusus untuk pribadi setiap akhir minggu.
Pergilah ke tempat-tempat hiburan vaforit Anda. Misalnya pantai, gunung, dan lain-lain. Pergilah bersama orang-orang yang dekat di hati Anda, misalnya sahabat, kekasih atau keluarga. Bisa juga Anda manjakan diri di salon. Saat itu, jangan pikirkan pekerjaan atau hal-hal yang berbau pekerjaan. Hindari benda-benda yang akan mengingatkan Anda pada pekerjaan seperti komputer, buku agenda, atau kalender perencanaan. Pokoknya bebaskan pikiran Anda dari rutinitas kantor. Seandainya pun Anda tidak pergi kemana mana alias di rumah saja, Anda bisa melakukan aktivitas atau hobi di rumah. Misalnya olahraga,memasak, melukis, bermain musik, dan lain-lain.


Nah, tunggu apa lagi? Anda kini telah mendapat petunjuk untuk mengatasi rutinitas Anda. Percayalah, menyimpang sejenak dari jadwal rutin kehidupan Anda dapat membuat hidup ini terasa lebih bergairah. Sehingga Anda dapat lebih bersemangat bekerja. Dan rutinitas bukan lagi hal yang membahayakan hidup Anda.
sumber:http://kask.us/8292177

Posted August 23, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: