Wisata Puasa   Leave a comment


KOMPAS.com – Saat bulan puasa tiba, bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah dan menghentikan segala aktivitas sehari-hari. Di bulan yang penuh berkah ini, Anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan seperti biasanya dan tentunya masih dapat mengisi waktu di bulan puasa dengan berwisata.

Kegiatan wisata bagi umat Muslim di saat bulan puasa memang sedikit berbeda jika dibanding wisata pada hari-hari biasa. Hal ini karena Anda membutuhkan daya tahan tubuh yang ekstra. Apapun bentuk kegiatan saat Anda berwisata, sebaiknya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak mengurangi pahala Anda saat berpuasa. Berikut berberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin berwisata saat puasa.

Pertama, pada saat sahur konsumsilah makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang tinggi. Jika perlu tambah dengan asupan multivitamin, agar saat menjalani puasa seharian Anda tetap segar dan tetap menjalani kegiatan wisata dengan bugar. Jangan lupa pula untuk membiasakan diri membaca doa saat akan berpergian keluar rumah. Siapkan pula pribadi Anda untuk tetap sabar dan menjaga emosi diri.

Kedua, siapkan segala kebutuhan pribadi Anda untuk berwisata, seperti Al Quran dan mukena. Sehingga Anda tetap bisa menjalankan ibadah selama berwisata. Sediakan pula air mineral untuk persiapan buka puasa ketika terpaksa harus berbuka puasa saat di perjalanan.

Ketiga, sempatkan untuk mengisi waktu liburan dengan melakukan safari Ramadhan, yaitu dengan melakukan kegiatan wisata ke berbagai tempat yang memiliki nilai religi untuk menambah pengetahuan Anda mengenai Islam. Salah satunya, bisa dengan melakukan sholat tarawih di masjid-masjid yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Keempat, selama dalam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, isi kegiatan mendengarkan ceramah dengan memutar radio yang tersedia di kendaraan Anda selama perjalanan. Sisihkan pula uang Anda untuk bersedekah dan diberikan kepada orang yang membutuhkan saat dalam perjalanan liburan.

Kelima, saat waktu buka puasa telah tiba, beristirahatlah sejenak untuk melakukan buka puasa dengan makanan dan minuman yang manis untuk meningkatkan kembali tenaga Anda. Lalu lakukan ibadah terlebih dahulu, barulah kemudian lanjutkan wisata Anda.

Posted August 12, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: