Seputar Rencana Pemerintah Adakan SENSUS PAJAK   Leave a comment

 


Pemerintah gelar sensus perpajakan nasional

JAKARTA. Untuk menggenjot penerimaan negara dari sektor perpajakan, pemerintah bakal menggelar sensus pajak alias mendata semua wajib pajak potensial. Hajatan ini akan mulai dilakukan pada kuartal ketiga tahun ini atau sekitar September.

“Kementerian Keuangan bersama dengan Dirjen Pajak melakukan yang kita sebut sebagai sensus perpajakan nasional,” ungkap Menteri Keuangan Agus Martowardojo kepada wartawan di gedung DPR, Kamis (30/7).

Dalam sensus perpajakan ini, lanjutnya, akan dilakukan kombinasi antara pendalaman dan penyisiran potensi-potensi pajak yang ada di seluruh Indonesia. Program ini bersifat nasional dan dilakukan untuk memperluas data base perpajakan.

Saat ini, kata Agus, jumlah SPT di Indonesia 9 juta atau mengalami peningkatan. “Tetapi jumlah 9 juta SPT itu dibandingkan dengan potensi Indonesia sangat kecil sekali,” ujarnya.

Dirjen Pajak kata dia akan mengerahkan seluruh Kantor Pelayanan Pajak yang saat ini berjumlah 300 untuk melakukan penyisiran wajib pajak, baik itu di daerah Industri maupun pemukiman, shopping centre, perkantoran, apartemen, dan sentra-sentra ekonomi.

Sumber

Kemenkeu & BPS akan gelar sensus pajak

JAKARTA : Kementerian Keuangan bersama Badan Pusat statistik akan melaksanakan program Sensus Perpajakan Nasional (SPN) mulai kuartal III/2011 di seluruh Indonesia.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari upaya-upaya terobosan guna memperluas basis pajak dan memaksimalkan penerimaan negara dari sektor perpajakan.

Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo menuturkan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah terobosan untuk menggenjot penerimaan perpajakan pada tahun ini dan ke depannya. Langkah terobosan yang dimaksud dilakukan mulai dari perencanaan peningkatan perpajakan, penegakan hokum di bidang pajak, pencegahan terjadinya deviasi penerimaan perpajakan, sampai pada program ekstensifikasi perpajakan.

“Di program ekstensifikasi yang akan kami lakukan, yang saya bisa sampaikan pada media adalah, Kemenkeu bersama Ditjen Pajak akan melakukan yang disebut sebagai Sensus Perpajakan Nasional (SPN). Sensus perpajaan itu akan dilakukan pada kuartal III/2011 dan itu bekerja sama dengan lembaga sensus, BPS,” ujar dia usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR sore ini.

Menurutnya, berdasarkan hasil SPN nantinya, pemerintah akan melakukan kombinasi kebijakan, a.l. pendalaman sekaligus penyisiran dari pada potensi-potensi perpajakan yang belum tergali di seluruh Indonesia.
………….

SUMBER

Dirjen: Jangan Khawatir Disensus, Pegawai Pajak Tak Akan Memeras

Jakarta – Dirjen Pajak Fuad Rahmany meminta masyarakat sebagai wajib pajak tak usah resah dengan rencana sensus pajak. Para aparat pajak yang akan melakukan sensus dijamin tidak akan melakukan pemerasan.

“Jangan khawatir sekarang nggak ada lagi pemerasan oleh aparat pajak. Yang penting masyarakat harus bisa membedakan antara oknum dan pegawai pajak,” kata Fuad kepada detikFinance, Rabu (6/7/2011).

Fuad sebelumnya mengatakan sensus pajak akan dilakukan untuk wajib pajak individu dan badan. Namun untuk tahap pertama, aparat pajak bakal menyambangi wajib pajak badan.

“Tujuannya untuk membuat semakin banyak wajib pajak yang bayar pajak karena kita selama ini masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak bayar pajak,” tuturnya.

Fuad mengatakan, aparat pajak juga akan mendatangi toko-toko dan mempertanyakan apakah toko tersebut sudah taat pajak. Jadi tujuan akhirnya adalah agar seluruh wajib pajak melakukan kewajibannya menyerahkan SPT.

“Kita punya data-data dan kita meminta untuk meningkatkan kepatuhannya. Jadi sensus pada dasarnya akan ditindaklanjuti dengan mengimbau wajib pajak untuk meningkatkan kepatuhan mereka dalam membayar pajak,” katanya.

Nanti dalam sensus ini, para aparat pajak tak hanya melakukan imbauan terhadap wajib pajak yang belum patuh, tapi juga melakukan penyuluhan sehingga para wajib pajak mengerti kewajibannya.

Dia berjanji aparatnya yang melakukan sensus tak akan melakukan pemerasan terhadap wajib pajak yang belum membayarkan pajaknya dengan benar.

“Pegawai pajak yang beneran tidak akan melakukan pemerasan,” katanya

Sumber

Posted July 8, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: