Buah Kakao & Manfaatnya Memperlambat Penuaan   Leave a comment

Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pebuatan kue, es krim, makanan ringan, susu dll. atau dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat. Karakter rasa coklat adalah gurih, dengan aroma yang khas sehingga disukai banyak orang khususnya anak-anak dan remaja.

KAKAO: Substansi anti-penuaan dini, antioksidan dan flavonoid,
dua pigmen alami yang terkandung dalam biji kakao, dapat melindungi tubuh dari agen oksidasi.

The Hershey Research Center for Health and Nutrition di Pennsylvania menegaskan bahwa cokelat dapat memperlambat penuaan,
menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemistry Central.
Penelitian membandingkan kandungan kakao dengan bubuk buah kakao. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cokelat memiliki lebih banyak antioksidan dan flavonoid.
Hasilnya sama ketika menganalisis cokelat hitam (dark chocolate).
Menurut Dr. Debra Miller, “biji kakao adalah ‘buah super’ yang memberikan nilai nutrisi melebihi komposisi makronutrien,” seperti dilansir Impre.com.
Menurut penelitian, kandungan anti-penuaan, antioksidan dan flavonoid secara alami terkandung dalam pigmen tanaman, yang melindungi tubuh dari agen oksidasi. Tubuh manusia tidak menghasilkan kedua substansi tersebut, sehingga harus digantikan melalui makanan.
Cokelat hitam mengandung polifenol. Cokelat putih tidak mengandung polifenol karena tidak menggunakan kakao. Cokelat panas menurunkan antioksidan karena ke-dua substansi tersebut akan kehilangan integritasnya bila terkena suhu tinggi.
Manfaat cokelat telah banyak dipelajari. Ahli gizi, Hervé Robert, mengatakan cokelat tidak menggemukan jika dikonsumsi dalam batas kewajaran dan cokelat juga dapat mengangkat suasana hati (mood). Ini menyebabkan tubuh memproduksi endorfin, yang merangsang ‘pusat kesenangan’ di otak.
Sebagai bagian dari diet seimbang, ketika dikonsumsi dalam batas wajar, cokelat tidak menggemukan. Untuk anak-anak, jumlah kakao yang diperbolehkan sekitar 10 gram, dan untuk orang dewasa sekitar 6 — 7 gram, seperti dilansir Impre.com.
sumber:http://kask.us/8882633

Posted June 9, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: