Film Pertama Mickey Mouse   Leave a comment

★★★ PLANE CRAZY ★★★

Miki Tikus
Penampilan perdana:
Plane Crazy (1928)Pencipta:
Walt Disney
Ub Iwerks

Pengisi suara:
Walt Disney (1928–1947)
Jimmy MacDonald (1947–1977)
Wayne Allwine (1977–2009)
Bret Iwan (2009–sekarang)
Takashi Aoyagi (Jepang)

Saudara:
Mini Tikus
Gufi
Pluto
Morty
Ferdi
Klarabela
Karel Kuda
Kiki
Koko

Rekan:
Komisaris O’Hara
Sylvester Shyster

Musuh:
Boris
Hantu Tinta
Mortimer Tikus

★★★ PLANE CRAZY ★★★

Plane Crazy ialah film animasi pertama yang menampilkan Miki Tikus (Mickey Mouse). Ini adalah film hitam dan putih serta bisu. Disutradarai oleh Walt Disney dan Ub Iwerks pada tahun 1927 dan diluncurkan pada tanggal 15 Mei 1928. Plane Crazy diikuti oleh The Gallopin’ Gaucho dan Steamboat Willie.

►►►Alur◄◄◄
Dalam film ini, Miki Tikus ingin meniru Charles Lindbergh untuk menjadi penerbang tunggal, lalu ia mengajak Mini Tikus (minnie mouse). Selama perjalanan, Miki Tikus mengajak Mini berciuman; namun Mini menolak dan karena Miki terus memaksa, akhirnya Miki terjun bebas dari pesawat dengan parasut. Karena teralihkan perhatiannya, Miki kehilangan kendali pesawat dan akhirnya mendarat darurat. Miki melemparkan sepatu kuda yang diberikan Mini padanya lalu berbalik menghantam dirinya sendiri.
Karena kemunculan sapi non-antropomorfik di pesawat itu, beberapa orang percaya kalau film inilah yang pertama kali memunculkan Klarabela, meskipun sebenarnya yang muncul di film ini adalah pendahulunya Karolin.

►►►Penciptaan dan debut◄◄◄
Awalnya, Miki dibuat sebagai pengganti Oswald the Lucky Rabbit yang dibuat oleh Walt Disney dan Ub Iwerks untuk Charles Mintz dari Universal Studios namun mereka dipecat saat meminta anggaran yang lebih tinggi untuk Oswald yang populer dan sejak itu Oswald digambar oleh orang lain.
Untuk kesinambungan perusahaan, Walt harus mencari karakter baru dan ide tentang Miki Tikus muncul saat Walt berada di atas kereta. Nama karakter tersebut sebelum dinamai Miki adalah Mortimer namun istrinya, Lillian Disney, kurang menyukainya. Sekarang, nama Mortimer Tikus dipakai untuk karakter musuh Miki dalam memperebutkan Mini Tikus.
Miki dan Mini Tikus muncul untuk pertama kali dalam Plane Crazy yang dirilis pada 15 Mei 1928. Namun, The Walt Disney Company kemudian merayakan “hari lahir” Miki Tikus pada 18 November 1928, yaitu tanggal rilis animasi Steamboat Willie, film animasi Miki Tikus yang pertama kali menggunakan suara.
Miki Tikus mencapai kejayaannya dimulai dari tahun 1930-an sampai 1950-an. Namun, diawal tahun 1950-an posisi kejayaannya lambat laun tergeser oleh Tom and Jerry yang mempunyai rating dan penggemar lebih tinggi dari Miki Tikus dan Silly Symphonies. Pada tahun 1955, kejayaan Miki Tikus benar-benar tergeser oleh rekannya yang sama-sama berada di Walt Disney, Donald Duck yang juga mempunyai penggemar lebih banyak dari Miki.

►►►Sejarah◄◄◄
1970-an – sekarang
Pada 18 November 1978, bertepatan dengan ulang tahun Miki ke-50, ia menjadi karakter kartun pertama yang mendapatkan sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame, tepatnya di 6925 Hollywood Boulevard. Pada 1988, untuk pertama kalinya Miki tampil bersama Bugs Bunny dalam Who Framed Roger Rabbit. Bugs Bunny adalah salah satu pesaing Miki dari Warner Bros. dalam film itu, keduanya memiliki waktu muncul yang benar-benar sama. Film itu juga menjadi sebuah peristiwa bersejarah dalam dunia perfilman.
Program-program televisi yang menampilkan Miki di masa ini adalah Mickey Mouse Works dan Disney’s House of Mouse sedangkan beberapa film Miki di tahun-tahun ini antara lain Mickey’s Christmas Carol (1983), Runaway Brain (1995), dan The Three Musketeers serta Mickey’s Twice Upon a Christmas (2004).
Miki juga ambil bagian dalam video game Kingdom Hearts garapan Disney Interactive dan Square Enix sebagai raja istana Disney dengan Mini Tikus sebagai ratunya, Donal Bebek sebagai penyihir, dan Gufi sebagai kepala penjaga istana. Di dalam game pertama, Miki belum terlalu banyak muncul, namun di sekuel Kingdom Hearts: Chain of Memories untuk Game Boy Advance, Miki sudah mulai muncul dan diperkirakan akan memainkan peran yang lebih besar di Kingdom Hearts II.


sumber:http://kask.us/8558376

Posted May 30, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: