ABK Sinar Kudus Dibebaskan dengan Uang Tebusan Rp 38,7 Miliar   Leave a comment

ABK Sinar Kudus Dibebaskan dengan Uang Tebusan Rp 38,7 Miliar

Jakarta – Kapal MV Sinar Kudus berserta ke-20 ABK-nya akhirnya dibebaskan oleh perompak Somalia setelah sebulan lebih disandera. Mereka dibebaskan dengan uang tebusan. Berapa uang tebusan yang dinikmati pembajak?

“Kami menerima uang tunai sebesar US$ 4,5 juta pagi ini (sekitar Rp 38,7 miliar dengan kurs Rp 8.600 per US$ 1),” kata seorang perompak yang mengaku bernama Geney seperti dikutip Reuters, Minggu (1/5/2011).

Menurut Geney, ia bersama rekan-rekannya sudah meninggalkan Kapal MV Sinar Kudus. Kapal terebut sudah bersiap untuk berlayar jauh meninggalkan Somalia.

Sebelumnya, pihak PT Samudera Indonesia selalu pemilik kapal enggan untuk menyebutkan apakah pembebasan kapal itu dilakukan dengan uang tebusan. “Itu nanti saja, ya,” kata Juru Bicara Samudera, Asmari Hery, saat dikonfirmasi detikcom.

Kapal MV Sinar Kudus dibajak oleh perompak Somalia di perairan Laut Arab, saat melakukan perjalanan dari Pomala, Sulawesi Tenggara, menuju ke Rotterdam, Belanda, tanggal 16 Maret 2011 lalu. Kapal yang diawaki oleh 31 ABK, 20 orang di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut, dan seharusnya sudah sampai 34 hari setelah keberangkatan.

Kapal tersebut membawa biji nikel seharga Rp 1,5 triliun milik PT Antam. Sedang kapal tersebut milik PT Samudera Indonesia Tbk. Kedua pihak inilah yang berkoordinasi dalam upaya pembebasan sandera

Quote:
http://www.detiknews..com/read/2011/…-rp-387-miliar

Update

Dikabarkan Bebas, Keluarga Belum Bisa Telepon Kapten Slamet Jauhari
Fitraya Ramadhanny – detikNews

Jakarta – Proses pembebasan kapal MV Sinar Kudus masih terus berlangsung. Keluarga kapten kapal Slamet Jauhari sudah mendengar kabar bebasnya MV Sinar Kudus itu, namun belum bisa menelepon Slamet.

“Ada nada sambung tapi belum diangkat,” kata kakak ipar Slamet Jauhari, Joko Susilo kepada detikcom, Minggu (1/5/2011).

Keluarga Slamet Jauhari mengetahui kabar bebasnya Slamet dari televisi dan internet. Mereka pun langsung menghubungi PT Samudera Indonesia dan perwakilan pemerintah.

“Kami mencoba menghubungi pemerintah dan Samudera Indonesia tapi belum bisa memberikan keterangan,” kata dia.

Menurut Joko, selama belum ada pengumuman resmi, mereka belum benar-benar tenang. Keluarga pun terus berdoa dan menunggu kepastian kabar Slamet Jauhari.

“Keluarga sekarang terus berdoa. Kalau belum ada clearance dari pihak berwenang, ya itu belum belum clear betul,” kata Joko.

Sebelumnya seperti dilansir Reuters, para pembajak Somalia membebaskan kapal MV Sinar Kudus. Seorang pembajak bernama Geney mengaku sudah menerima uang tebusan US$ 4,5 juta atau sekitar Rp 38,7 miliar dengan kurs Rp 8.600 per US$ 1.

Meski demikian, Kemlu dan PT Samudera Indonesia belum mau memberikan keterangan. Mereka mengatakan komunikasi dan proses pembebasan masih terus dilakukan.

http://us.detiknews..com/read/2011/0…slamet-jauhari

sumber:http://kask.us/8269074

Posted May 1, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: