MERAPIKAN MEJA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BEKERJA   Leave a comment

Sadar ataupun tidak disadari sebenarnya meja kerja kita berpengaruh pada efektifitas kerja kita. Apabila meja kerja berantakan maka membutuhkan waktu untuk mencari suatu berkas yang diperlukan. Dari sini dapat dilihat meja yang berantakan membuat kita tidak efektif. Selain itu meja kerja yang berantakan tersebut membuat kita serasa susah untuk bergerak. Serasa sudah tidak ada ruang untuk kita mengunakan meja kita. Seakan-akan meja kerja kita sudah penuh.

Berikut ini beberapa tips untuk merapikan meja kerja:
1. Sediakan tempat sampah dekat dengan meja kerja kita
Kertas yang sudah tidak terpakai buanglah segera. Sedangkan kertas yang masih terpakai masih bisa disimpan dengan baik. Pikirkan: “Apa akibat buruk yang terjadi bila kertas atau berkas ini tidak ada”. Apabila jawabannya sama sekali tidak berakibat buruk maka berkas tersebut bisa di singkirkan saja.
2. Singkirkan benda-benda yang tidak terlalu dipakai dari atas meja maupun laci
Terkadang di meja ada beberapa benda yang tidak terlalu dibutuhkan atau tidak selalu dipakai. Benda-benda tersebut bisa disingkirkan dari atas meja untuk disimpan di tempat lain seperti dilemari atau tempat lain. Pastikan bahwa benda yang diatas meja adalah benda-benda yang benar-benar dibutuhkan dan sering dipakai. Demikian juga dengan isi laci. Biarlah laci diisi oleh benda-benda atau berkas-berkas yang masih digunakan atau yang sering dipakai.
3. Susunlah berkas-berkas anda
Susunlah berkas atau dokumen Anda yang ada di atas meja berurutan mulai dari yang tidak terlalu penting ke yang penting. Berkas yang tidak terlalu penting bisa diletakkaan di bawah sendiri dan berkas yang penting berada di atas.
4. Kelompokkan berkas-berkas anda
Kelompokkan berkas anda dalam suatu map atau tempat tertentu. Hal ini akan mempermudahkan Anda bila anda membutuhkan dan mencari suatu berkas.
5. Kembalikan ketempat semula
Setelah bekerja dengan sesuatu berkas atau alat tulis kembalikanlah pada tempatnya seperti semula. Hal ini dapat menghindari agar berkas atau alat tulis mudah ditemukan apabila dibutuhkan dan tidak membuang waktu untuk mencarinya.

sumber:http://kask.us/8162874

Posted April 29, 2011 by adellabuku in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: