Filsafat Ilmu   Leave a comment

filsafat_ilmu
Dunia ternyata tidak seindah seperti yang terlihat. Tidak seeksis seperti yang terbayangkan. Bahkan tidak sesempurna yang terpikirkan. Dunia abadi dalam kesementaraannya, dan eksis dalam ketidakmengertiannya.
Lakon historis manusia di bumi, bukan saja unik, tetapi sekaligus misterius. Bayangkan kemakmuran hanya mendorong manusia ke ranah kemiskinan. Kedamaian selalu diperjuangkan dengan peperangan. Kebebasan diperjuangkan dengan kekerasan. Kehidupan ditumbal dengan kematian. Bahkan kemakmuran digadaikand dengan kemiskinan.
Agama bukan saja disandera dan dieksploitasi, tetapi, sekaligus dibeli untuk dijual. Diperdagangkan bukan saja dimimbar masjid dan dijalanan dengan selendang dan simbol kecendekiaan. Tetapi, ia digadai untuk kemudian dijual, di lembaga nyentrik kenegaraan.
Kerukunan menjadi alasan untuk saling menyalahkan. Manusia menjadi monster bagi manusia lain. Ekslusivitas telah menjadi ciri nyata, bukan hanya bagi ekslusivisme, tetapi juga bagi kaum inklusif. Inklusivitas malah tumbuh menjadi kelompok ekslusive dalam inklusivitasnya. Ia tidak lagi menjadi toleran terhadap orang yang tidak seide dengannya.
Filsafat ilmu hadir, bukan hanya untuk membongkar ilmu. Tetapi, secara talenta, ia mengajarkan nilai etik-simetrik dalam kesemestaan yang plural. Benar tidak berarti benar. Seperti juga salah, tidak berarti benar-benar salah. Filsafat ilmu mengajarkan betapa pentingnya hdup di alam terbuka. Bebas untuk dilihat dan diekspresikan pihak lain.
Penjara fisik tidak lebih fatal dari penjara aka.

Penulis: DR. Cecep Sumarna
Penerbit: Mulia Press Bandung
Harga: Rp.55.000
beli di http://pestabuku.info

Posted March 15, 2009 by adellabuku in Buku Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: