Memahami Bunga dan Riba Ala Muslim Indonesia   Leave a comment

memahami_bunga
Bunga (interest) adalah salah satu instrumen keungan masa kini yang sebenarnya sudah dipraktikan sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Perbedaan pandangan tentang bik-buruk dan boleh-tidaknya praktik pembungaan (uang) sudah terjadi sejak masa para filosof Yunani, agamawan kristen dan Yahudi hingga kedatangan Islam. Islam yang menganjurkan terwujudnya keadilan dalam kehidupan manusia menentang tegas praktik riba yang sesat itu berkembang dikalangan masyarakat Jahiliah.
Umat Islam menyepakati secara bulat bahwa riba adalah perbuatan yang diharamkan agama, namun berbeda pandangan tetnang status hukum bunga (interest). Buku inimenguraikan secara jelas berbagai pandangan yang berbeda dikalangan di antara ulama dan organisasi Islam, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Secara khusus, buku ini membahas secara mendalam pandangan Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama (NU), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam lainnya terhadap bunga dan riba.
Buku ini menjadi lebih menarik karena membahas juga konsep-konsep dasar ushul figh, sehingga mengajak pembaca untuk turut memikirkan masalah bunga dan riba secara mendalam (tidak sekedar mengikuti pendapat tanpa tahu alasannya). Satu hal lagi yang membuat buku ini semakin menarik adalah disajikannya hasil penelitian lapangan yang mengungkapkan pandangan umat Islam terhadap praktik bunga, riba, fenomena bank syariah dan fatwa keharaman bunga MUI dengan bahasa yang mudah dipahami.
Penulis: Muhammad Ghafur W
Penerbit: Biruni Press

dapatkan di http://pestabuku.info

Posted March 12, 2009 by adellabuku in Buku Agama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: